Kamis, 01 Mei 2008

Google : The Secret

Google : The Secret

Rasanya tidak ada pengguna internet yang tidak tahu tentang Google. Google terkenal sebagai sebuah website search engine yang saat ini paling banyak digunakan. Nama google sebenarnya diambil dari istilah di bidang matematika yaitu googol, yaitu bilangan satu yang diiikuti oleh 100 bilangan nol dibelakangnya. Pemilihan nama Google ini menggambarkan misi dari perusahaan tersebut untuk dapat mengelola informasi yang jumlahnya tidak terbatas yang terdapat di internet. Saking terkenalnya Google sebagai search engine, kata google (googling) sendiri mulai digunakan sebagai bahasa umum untuk sinonim dari kata search (searching). Sebagai sebuah perusahaan multinasional, Google sebenarnya masih tergolong sangat muda. Google Inc. didirikan pada tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin. Mereka bertemu pada tahun 1995 di Universitas Stanford. Ketika itu, Larry berumur 24 tahun sementara Sergey berumur 23 tahun Awalnya mereka selalu mempunyai pendapat yang berbeda untuk setiap topik yang mereka diskusikan. Sampai akhirnya mereka menemukan minat dan tantangan yang sama di bidang komputasi, yaitu bagaimana mendapatkan informasi relevan dari sejumlah besar data.

Mereka mungkin tidak pernah membayangkan Google akan menjadi sebesar sekarang ini ketika mereka mulai bekerja sama dalam proyek riset tersebut pada tahun 1996. Setahun kemudian mereka berhasil membangun sebuah search engine bernama BackRub. Begitu dipublikasikan, BackRub langsung memperoleh kesan yang sangat baik dari mereka yang pernah melihatnya. Mereka terus bekerja menyempurnakan teknologi yang mereka ciptakan tersebut. Pada tahun 1998 ketika proyek mereka akhirnya selesai mereka mengganti nama BackRub dengan Google.

Awalnya mereka berniat menjual teknologi mereka ke perusahaan-perusahaan yang berminat. Namun ternyata tidak banyak perusahaan yang tertarik mengingat waktu itu nama Google belum terkenal. Salah satu orang yang mereka temui ketika itu adalah David Filo, pendiri yahoo. Filo setuju bahwa teknologi Google sangat bagus, tetapi alih-alih membelinya, Filo malah mendorong Larry dan Sergey untuk mendirikan perusahaannya sendiri. Karena tidak berhasil menarik minat perusahaan-perusahaan besar, akhirnya Larry dan Sergey memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri.

Keputusan tersebut membuat mereka berdua harus menunda keinginan mereka untuk mengambil gelar Ph.D. Mereka mulai berkeliling untuk mencari investor yang mau menanamkan uangnya untuk perusahaan baru mereka. Mereka juga membuat sendiri semua detil rencana bisnisnya. Usaha pencarian modal mereka membuahkan hasil dengan mengumpulkan uang sebesar 1 juta dollar. Uang tersebut terutama digunakan untuk membeli hardware canggih agar dapat mendukung teknologi Google mereka. Google Inc. akhirnya resmi berdiri pada September 1998. Kantor pertamanya hanyalah sebuah garasi di daerah Menlo Park, California, yang cukup untuk menampung para staff pertamanya sebanyak tiga orang. Saat ini, Google mempunyai kantor cabang yang tersebar di seluruh dunia, dengan jumlah karyawan lebih dari 10000 orang. Hanya dalam waktu yang relatif singkat, sembilan tahun, Google berhasil berkembang menjadi perusahaan besar yang multinasional.

Fakta ini menunjukkan kepada kita bahwa perkembangan suatu perusahaan itu tidak ditentukan oleh umur perusahaan tersebut. Perusahaan yang sudah lama berdiri belum tentu akan lebih berhasil daripada perusahaan yang baru berdiri. Kunci sukses Google yang pertama terletak pada ketajaman page dan Brin dalam menangkap kebutuhan masyarakat yang haus akan informasi, dan melakukan inisiatif yang tepat untuk memenuhinya. Selain itu, dalam masa-masa sulit mengembangkan usahanya, mereka tetap menjaga fighting spirit dalam diri mereka, sehingga mampu bertahan dan bahkan berhasil secara luar biasa. Kini, mampukah kita menerapkan dua pelajaran tersebut pada perusahaan kita, Smart Telecom?

(adw, agr, dan – brn)

Tidak ada komentar: